Pages

Home » » Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan



Share

Mengeluarkan air mata atau menangis memang selalu identik dengan wanita, Tapi bagaimana jika lelaki menangis. Cengengkah mereka ? jawabanya tidak. Karena menangis adalah bentuk luapan emosi yang terpendam, dan ternyata di balik menangis bisa menjadi obat yang sangat mujarab yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Seperti yang dikutip Beliefnet, ada  emam manfaat air mata yang kita dapatkan setelah menangis.Apa sajakah itu ?

1. Membantu Penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, cairan yang keluar dari air mata dapat mencegah dehidrasi pada membaran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh Bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai anti bakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% – 95% bakteri – bakteri yang tertinggal darikeyboard computer, pegangan tangan, bersin dan tempat – temat yang mengandung bakteri hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan Mood
Seseorang yang mengeluarkan air mata bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang di hasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi system metabolism tubuh disbanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia, William frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

5. Mengurangi Stres
Air mata ternyata mengeluarkan hormone stress yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stress, air mata juga membantu melawan penyakit – penyakit yang di sebabkan olh stress seperti tekanan darah tinggi.

6. melegakan perasaan
Meskipun anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, otak dan jantung akan menjadi lancer, dan hal ini membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Jadi sebagai seorang laki – laki jangat takut disebut cengeng ketika anda menangis, karena menangis mempunyai manfaat bagi kesehatan dan pikiran kita.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger