Pages

Home » , , » Jangan Takut Gelap Sayang !

Jangan Takut Gelap Sayang !

Share

Sering kali anak kita yang masih berusia dibawah 5 tahun takut dan menangis ketika berada diruangan yang gelap. Hal ini sebetulnya kesalahan kita sendiri sebagai orang tua. Bagaimana tidak !  Ketika anak kita gak mau tidur, orang tua selalu menakut - nakuti dengan kata – kata “ awas lho ada hantu, awas lho ada setan kalau gak mau bobo “, sehingga dalam benak mereka  selalu di hantui rasa takut ketika berada dalam kegelapan.

Meskipun terkadang kata – kata tersebut bertujuan baik agar anak kita  beranjak tidur, tapi disisi lain mempunyai efek buruk bagi perkembangan jiwanya  . Sebetulnya hal ini tidak perlu dilakukan, kita bisa melakukannya dengan  cara lain agar anak kita cepat beranjak tidur. Seperti mendongengkan sebuah cerita, atau membuatkanya sebotol susu. 

Memang peran orang tua sangat penting, sebisa mungkin kita memberikan yang terbaik bagi perkembangan jiwa anak kita sejak dini. Jangan pernah menanamkan kepada anak kita bahwa gelap adalah hal yang menakutkan. Beri pengetahuan sikecil “bahwa dalam gelap masih ada bintang yang bersinar, bahwa dalam gelap masih ada bulan yang bersinar”.

Menurut Muhammad Rizal, Psi dari lembaga terapan Psikologi UI, seperti dilansir detikhealth, anak kecil sebenarnya tidak mengenal konsep bahwa hantu itu menakutkan, tapi lingkunganlah yang menciptakan konsep tersebut.

Dan kata – kata yang cocok ketika malam datang adalah “ jangan takut gelap sayang, disampingmu masih ada mama dan papa”.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger