Pages

Home » , » Betapa Pentingnya Informasi HIV/AIDS Di kalangan Remaja

Betapa Pentingnya Informasi HIV/AIDS Di kalangan Remaja

Share

Mendengar kata HIV/AIDS yang terlintas dalam benak kita adalah penyakit yang sangat menakutkan sekaligus mematikan. Memang jika seseorang dinyatakan positif terjangkit virus HIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan sampai saat ini belum ditemukan obat untuk penyebuhan penyakit AIDS.

Opini yang terlanjur beredar dalam masyarakat selalu merasa takut untuk bersahabat dengan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Sering kali para ODHA dikucilkan dan diasingkan dalam kehidupan bermasyarakat. Ketakutan seperti ini memang wajar, karena masyarakat kita khususnya para remaja masih awam dan minim informasi tentang penyebab atau penularan virus HIV/AIDS.

Seperti yang dikutip Okezone Lifstyile dan Detik Health beberapa hari yang lalu, bahwa remaja Indonesia yang paham HIV/AIDS dengan benar hanya 11,4%. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan bagi kita semua.

Kalau saja para remaja sadar betapa pentingnya informasi seputar HIV/AIDS, tentu mereka akan bisa mengontrol diri agar tidak terjerumus kearah pergaulan bebas yang cenderung mengarah pada free sex atau sek diluar nikah yang menjadi salah satu faktor penyebab penularan virus HIV. Karena seperti yang kita tahu bahwa masa  remaja adalah masa pencarian jati diri, emosi yang masih labil dan rasa keingintahuan tentang hal baru begitu kuat.

Bahkan informasi yang saya dapatkan melalui browsing seperti yang dikutip radarmadiun.co.id dan regional.kompas.com, di kabupaten Madiun, Jawa Timur, menurut Kepala bidang pemberantasan penyakit dan upaya kesehatan (P2UK) Soelistyo Widiyantono, kamis (10/11/2011) ditemukan 40 kasus pengidap atau penderita  HIV/AIDS. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2010 yang hanya ditemukan 28 kasus. Sungguh sangat mengkwatirkan penularan virus HIV/AIDs yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini menunjukan betapa kurangnya informasi dimasyarakat, khususnya para remaja tentang bagaimana cara gaya hidup sehat yang tidak mengarah pada pergaulan bebas atau free sex.

Nah, kalau saja kita tahu bagaimana penyebab dan penularan virus HIV/AIDS, sebetulnya untuk bersahabat dengan mereka para ODHA tidak harus takut. Justru seharusnya kita semua memberikan semangat bagi para ODHA, karena mereka butuh kita, mereka butuh motivasi untuk tetap tegar dalam menjalani hidup.






Share this article :

1 komentar:

Unknown said...

beri semangat untuk ODHA, bravo

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger