Jatuh
cinta memang bisa datang kapan saja dan dimana saja, termasuk ditempat kantor
Anda bekerja. Mempunyai kekasih dikantor memang sangat menyenangkan, Anda bisa
bertemu setiap hari, mudah menemuinya kalau ingin mengobrol dan dapat
'memantau' segala kegiatannya. Namun di balik semua hal menyenangkan tersebut,
tetap harus ada etika yang perlu dijaga saat menjalin asmara dikantor, seperti
yang dikutip dari Boston dan iDiva.
Ketahui Kebijakan
Perusahaan
Sebelum
terlibat dalam hubungan asmara antar rekan kerja, sebaiknya ketahui dulu
kebijakan kantor, karena beberapa perusahaan punya aturan cukup ketat tentang
hal ini. Biasanya perusahaan melarang adanya pernikahan antar karyawan di
kantor yang sama. Tapi ada juga yang bahkan menentang sesama karyawannya
berpacaran. Alasannya beragam, tapi umumnya karena takut konsentrasi dan
produktivitas kerja terganggu. Jika kebijakan di perusahaan Anda soal ini cukup
ketat, sebaiknya pikir-pikir dulu apakah hubungan asmara atau pekerjaan yang
lebih penting buat Anda.
Jaga Kesopanan &
Profesionalitas
Anda
harus bisa memisahkan antara urusan pribadi dan pekerjaan. Jangan biarkan
hubungan asmara memengaruhi kualitas dan efisiensi Anda dalam bekerja. Sekali
partner kerja atay atasan tahu pekerjaan Anda terbengkalai karena terlalu sibuk
dengan masalah percintaan, maka kredibilitas Anda akan tercoreng dan sulit
untuk mengejar karier yang lebih tinggi.
Berpacaran dengan yang Selevel
Berpacaran dengan yang Selevel
Usahakan
menghindari berpacaran dengan pekerja yang posisinya lebih rendah atau tinggi.
Ketika bicara soal asmara di kantor, Anda juga perlu mempertimbangkan politik
dan hierarki. Berpacaran dengan seseorang yang berbeda level bisa menimbulkan
lebih banyak konflik. Misalnya saja jika Anda menjalin asmara dengan atasan,
bisa muncul anggapan bahwa Anda karyawan yang mendapat perlakuan istimewa
karena jadi kesayangan bos. Apabila memang tidak bisa dihindari, sebaiknya
salah satu berhenti dari pekerjaan.
Jangan PDA di Kantor
Anda
boleh bermesraan untuk mengungkapkan rasa sayang. Tapi hanya ketika di luar
kantor. Saat di kantor utamakanlah pekerjaan dan sebisa mungkin menjaga jarak.
Pahamilah bahwa ketika di kantor, Anda dan si dia adalah partner kerja.
Seintens apapun hubungan kalian. Hindari juga terlalu mengumbar kemesraan di
ranah publik seperti social media, YouTue atau blog. Hubungan asmara di kantor
sangat rentan menimbulkan skandal yang bisa menuai gosip dan merugikan diri
Anda sendiri.
Memiliki Teman Sendiri
Anda
harus memiliki perkumpulan teman sendiri di kantor maupun di luar kantor.
Jangan terjebak satu sama lain, hindari seperti anak kembar yang selalu
bersama-sama. Luangkan waktu Anda untuk mengobrol bersama rekan lain, pasangan
pun perlu melakukan hal yang sama.
Jangan Bawa Pertengkaran ke Kantor
Jangan Bawa Pertengkaran ke Kantor
Setiap
hubungan memiliki pasang surut. Jangan membahas masalah pribadi, apalagi sampai
ribut di kantor dengan pasangan. Hal ini akan terlihat konyol dan tidak
profesional. Lakukanlah argumen di rumah dan jangan membawa masalah pribadi ke
kantor.
0 komentar:
Post a Comment