Pages

Home » » Gayuspun Jadi Ogoh-ogoh Di Bali

Gayuspun Jadi Ogoh-ogoh Di Bali




Hari Raya Nyepi di Bali identik dengan pawai ogoh-ogoh. Nah pada perayaan Nyepi Tahun Saka 1933 kali ini, Gayus Tambunan dibuat menjadi ogoh-ogoh sebagai simbol keserakahan.

Ogoh-ogoh Gayus dibuat oleh Ketut Tanaya, Warga Denpasar, Bali. Ogoh-ogohnya ini selesai dibuat Jumat malam (25/2/2011). Umat Hindu merayakan Nyepi pada Sabtu (5/3/2011).

Tanaya mengaku membuat ogoh-ogoh Gayus karena sosok ini sangat cocok dengan sifat raksasa yaitu keserakahan. "Gayus adalah salah satu sifat raksasa masa kini yang rakus dengan kekayaan," katanya.

Ogoh-ogoh yang menghabiskan dana sebesar Rp 700 ribu ini sangat identik dengan Gayus. Wajah berkacamata dengan wignya yang terkenal sewaktu menyamar menonton tenis di Nusa Dua.

Sebagai simbol keserakahan, kedua tangan ogoh-ogoh Gayus, yaitu tangan kanan menggenggam sejumlah uang dan tangan kanan menenteng koper yang penuh dengan uang.

Ogoh-ogoh ini pun memakai baju batik, serupa dengan baju batik yang dikenakan saat menjadi terdakwa di persidangan.

Rencananya ogoh-ogoh Gayus setinggi dua meter ini akan diarak keliling desa pada malam hari sebelum Nyepi, Jumat (4/3/2011). Ogoh-ogoh ini akan diarak oleh anak-anak desa.

Seusai diarak keliling desa, ogoh-ogoh Gayus akan dimusnahkan dengan dibakar. "Semoga sifat raksasa Gayus di alam ini akan musnah dengan proses pralina (dibakar)," kata Tanaya.

Tanaya memang suka membuat ogoh-ogoh dari tokoh terkenal, seperti si ratu goyang ngebor Inul Daratista, atau Ronaldino. Selain sosok tersebut, ogoh-ogoh Amrozi pun pernah muncul di Bali.

sumber



Silahkan anda meninggalkan komentar untuk kemajuan blog ini, disini bebas memberikan saran, kritik atau sekedar basa basi asal bukan SPAM. OK
DIANJURKAN : Supaya Ke INDEX sama Google Gunakan Alamat Blog/Web Site Anda .
Oh Ya...Sekalian Di KLIK Iklannya Mungkin Bisa Bermanfaat Untuk Anda .


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger