Pages

Home » , » Sentuhan Lebih Kuat Dari Kata – kata

Sentuhan Lebih Kuat Dari Kata – kata

Share


Sentuhan atau indra peraba akan berpengaruh pada seluruh organ tubuh manusia karena sentuhan memiliki fungsi dan kualitas yang sangat unik. Bahkan sentuhan dipercaya satu – satunya dari lima indera yang tidak terpengaruh oleh usia. Beda dengan indera penciuman, pendengaran, perasa, atau pengelihatan yang setiap saat bisa menurun ketika usia kita sudah mulai menua. Tapi tidak dengan sentuhan, malah kebutuhan untuk disentuh dan menyentuh semakin meningkat.

Seperti seorang bayi yang baru lahir, hal yang pertama kali dilakukan oleh seorang seorang ibu adalah memberikan sentuhan dan memeluk dalam dekapannya. Jika bayi dan anak-anak kurang sentuhan, maka mereka akan tumbuh menjadi anak yang kurang peka dan sulit berempati pada orang lain.


Seperti yang dikatakan Diane Ackerman seorang penulis buku ANatural History Of The Senses, Bahwa “Sentuhan lima kali lebih kuat dari kata-kata dan kontak emosional. Tidak ada indra lain yang mudah dibangkitkan selain lewat sentuhan,” katanya.

Bukan hanya itu, Sebuah penelitian juga menunjukkan sentuhan dari pasangan yang dicintai memiliki kekuatan dua kali lipat dalam melawan stres. Sentuhan dan rasa nyaman yang diciptakan juga meningkatkan imunitas dan mempercepat kesembuhan.

Dan "Seorang ibu tidak akan menyentuh anaknya jika mereka tidak merasa hal itu menyenangkan. Jika kita tidak suka disentuh dan menyentuh, mungkin tidak akan ada seks," kata Saul Schanbergh.

Semakin bertambahnya usia, membuat kebutuhan akan rasa dicintai pun meningkat. Kita perlu belajar memberi sentuhan melalui pelukan, ciuman, atau berpegangan tangan pada orang yang kita cintai karena kebutuhan akan perasaan dicintai dan tidak sendiri merupakan salah satu cara manusia bertahan hidup.







Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger