Pages

Home » , » Adakah Kata – Kata Yang Bisa Merubah Dunia !

Adakah Kata – Kata Yang Bisa Merubah Dunia !

Share


Pernakah kita mencoba untuk berpikir, kalau hanya bermodal kata – kata dapat merubah dunia, Rasanya kok impossible ya. Tapi kita mencoba menengkok tokoh – tokoh dunia yang sukses dan terkenal hanya bermodal kata – kata. Mereka menginpirasi perubahan dunia yang awalnya hitam menjadi putih, yang awalnya putih menjadi lebih berwarna. Dan akhirnya menjadi sesuatu yang Indah banget berwarna – warni seperti pelangi.
Memang Kata, hanyalah susunan huruf-huruf untuk bisa dibaca. Kata adalah satuan intonasi yang bisa didengar. Kata adalah empat huruf yang bisa menjadi tata kalimat yang panjang, yang bisa mengurai konsep menjadi kenyataan. Bisa mengubah kebiadaban menjadi peradaban.

Tapi apalah arti kata tanpa mampu dibaca dan memberi nyawa? Apa pula arti kata jika tak punya jiwa?
Kemampuan membaca dan menjadikannya kenyataan adalah sugesti dari manusia seutuhnya yang kita cari-cari saat ini. Kita rindu akan figur orang-orang yang pandai menulis, memproduksi kata-kata, tapi juga pintar menerapkannya menjadi kenyataan.

Kita tak juga mau dibuai kata-kata, sehingga menjadi kita buta. Kita ingin kata mutiara sekalipun menjadi kenyataan. Karena di kenyataanlah kita berpijak, bukan hanya terbuai oleh mimpi-mimpi .
Dunia tidak berubah hanya dengan kata-kata, tetapi siapa yang mampu menjadikannya realita.

Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata yang dapat merubahnya menjadi kenyataan dan perubahan pada dunia.

Talk less, do more” Sedikit bicara, banyak bekerja. Tapi kalau kita mau mencermati, bukankah empat kata itu pun kata-kata pula?

Mari melihat Orang – orang yang telah merubah dunia dengan kata – kata.

Khalil Gibran

Dia adalah seorang  seniman, penyair dan penulis yang lahir di Lebanon Amerika. Karya pertamanya, "Spirits Rebellious" ditulis di Boston dan diterbitkan di New York city, yang berisi empat cerita kontemporer sebagai sindiran keras yang menyerang orang-orang korup yang dilihatnya. Akan tetapi, sindiran-sindiran Gibran itu tiba-tiba dianggap sebagai harapan dan suara pembebasan bagi kaum tertindas di Asia Barat. Dan salah satu puisi cinta yang paling terkenal  berjudul “Cinta Yang Agung”.

Berikut ini salah satu puisi cinta Karya khalil Gibran yang mampu merubah dunia :

Cinta yang agung
Adalah ketika kamu menitikan air mata
Dan masih peduli terhadapnya
Adalah ketika di tidak memperdulikanmu
Dan kamu masih menunggu dengan setia
Adalah ketika dia mencintai orang lain
Dan kamu masih bisa tersenyum
Sembari berkata ‘aku turut bahagia untukmu’

Apabila cinta tidak berhasil bebaskan dirimu
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya
Dan terbang ke alam bebas lagi
Ingatlah bahwa kamu menemukan cinta dan kehilangannya
Tapi ketika cinta itu mati
Kamu tidak perlu mati bersamanya

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang
Melainkan mereka yang tetap tegar ketika terjatuh

Mario teguh

Siapa yang tidak kenal dengan Mario teguh, Beliau adalah seorang motivator yang lahir di Makasar 05 maret 1956. Beliau mampu memberikan saran atau nasehat-nasehat yang bisa membangkitkan semangat dan meneduhkan hati setiap orang yang mendengarnya. Pemilihan kata-kata beliau sangat kuat tetapi jauh dari kesan menggurui serta selalu menyelesaikan tiap ulasannya dengan beberapa kalimat pendek tapi Kekuatan.

Berikut ini adalah sebagian dari kata-kata motivasi Mario Teguh yang mampu merubah dunia:
  • Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda.
  • Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.
  • Anda hanya dekat dengan mereka yang anda sukai. Dan seringkali anda menghindari orang yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru.
  • Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.
  • Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju
    kegagalan.
  • Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu.
WS Rendra

Siapa tak kenal WS Rendra di negeri ini. Pengabdiannya terhadap dunia sastra dan seni tak diragukan lagi. Mungkin tak ada yang bisa menyamai atau bahkan menggantikannya.

Beliau lahir
di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Ia adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Si Burung Merak”.

Ia petama kali mempublikasikan puisinya di media massa pada tahun 1952 melalui majalah Siasat. Setelah itu, puisi-puisinya pun lancar mengalir menghiasi berbagai majalah pada saat itu, seperti Kisah, Seni, Basis, Konfrontasi, dan Siasat Baru. Hal itu terus berlanjut seperti terlihat dalam majalah-majalah pada dekade selanjutnya
Karya-karya WS.Rendra tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Banyak karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, di antaranya bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang dan india.

Berikut ini kumpulan Sajak/puisi karya WS. Rendra yang mampu merubah dunia :
  • Ballada Orang-Orang Tercinta (Kumpulan sajak)
  • Blues untuk Bonnie
  • Empat Kumpulan Sajak
  • Sajak-sajak Sepatu Tua
  • Mencari Bapak
  • Perjalanan Bu Aminah
  • Nyanyian Orang Urakan
  • Pamphleten van een Dichter
  • Potret Pembangunan Dalam Puisi
  • Disebabkan Oleh Angin
  • Orang Orang Rangkasbitung
  • Rendra: Ballads and Blues Poem
  • State of Emergency
Dan semoga kata – kata mereka bisa menjadi inpirasi kita untuk bisa menyusun kata – kata yang indah di blog kita, dan menjadikan Blog kita menjadi “ Hidup Lebih Hidup “.


Share this article :

2 komentar:

Coretan Sadut said...

thanks sob,,,saya jadi punya inspirasi lagi buat nge-blog

Sekali lagi terima kasih

Unknown said...

Betul sob jadikan ngeblog sesuatu yang sangat menyenangkan dan semoga kita bisa seperti mereka

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger