Pages

Home » , » Tip Menghentikan Kebiasaan Bergosip Selama Ramadhan

Tip Menghentikan Kebiasaan Bergosip Selama Ramadhan

Bergosip adalah kebiasaan yang cukup identik dengan wanita. Ketika berkumpul dengan rekan atau sahabat, wanita sulit lepas dari kebiasaan bergosip. Bahkan bagi beberapa ibu rumah tangga, bergosip adalah kebiasaan paling mengibur untuk membunuh waktu. 

Meskipun identik dengan wanita, tak sedikit kaum pria yang tak mau ketinggalan gosip terkini. Memang banyak yang tak setuju dengan aktivitas bergosip, namun gosip adalah bagian dari kehidupan.

Meskipun tak ada UU yang mengatur larangan untuk bergosip. Tapi ada baiknya saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kebiasaan bergosip patut untuk ditinggalkan, terutama bagi mereka yang memeluk agama Islam. Karena menggosipkan atau mebicarakan orang lain bisa mengurangi pahala berpuasa atau bahkan berujung pada batalnya puasa.

Oleh karena itu, untuk menghentikan kebiasaan bergosip selama ramadhan, bisa Anda simak beberapa tip berikut ini : 

Batasi waktu mengobrol
Gosip biasanya beredar melalui obrolan, entah secara langsung,lewat telepon atau fitur chatting di internet. Agar terhindar dari kebiasaan bergosip, jangan habiskan waktu mengobrol terlalu lama. Sampaikan langsung apa inti obrolan Anda. Jika lawan bicara mulai bergosip, segera undur diri dari obrolan itu. Mendengarkan orang lain bergosip justru akan semakin memperpanjang cerita.

Sibukkan diri
Sebisa mungkin sibukkan diri Anda dengan kegiatan yang positif, seperti menyelesaikan pekerjaan kantor yang menumpuk atau disaat ada waktu longgar gunakan untuk membantu istri menyiapkkan menu berbuka puasa. Saat malam hari setelah sholat tarawih gunakan waktu Anda untuk tadarus. Dengan begitu waktu untuk bergosip tidak ada.

Langganan SMS rohani
Di bulan puasa ini, banyak penyedia layanan operator yang menawarkan program berlangganan SMS yang berisi kata-kata bernafaskan Islam. Dengan berlangganan SMS rohani, setidaknya Anda bisa membedakan mana yang baik dan buruk daripada menyia – nyiakan waktu Anda hanya untuk sekedar bergosip. 

Tidur disaat senggang
Disaat “ada waktu senggang”, gunakanlah untuk tidur,, karena tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi bukan berarti Anda harus selalu menghabiskan waktu puasa Anda hanya untuk bermalas – malasan dan tidur, yang jelas tetap melakukan aktivitas – aktivisas yang bermanfaat daripada saat waktu senggang Anda digunakan hanya untuk bergosip.

Ingatlah, bahwa bergosip dapat memiliki dampak yang mendalam dalam diri kita. Cobalah dan tempatkan diri Anda dalam posisi mereka, dan pikirkan mengenai bagaimana perasaan Anda jika orang lain mengatakan hal-hal yang tidak baik mengenai Anda. Semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger