Pages

Home » , , » Tip Agar Tidak Terlambat Makan Sahur

Tip Agar Tidak Terlambat Makan Sahur


Terlalu kekenyangan saat berbuka, terkadang bisa membuat seseorang menjadi mengantuk dan tidur terlalu pulasa saat malam hari, hal ini tentunya akan membuat Anda terlambat untuk makan sahur. Nah, kalau sudah begini, saat menjalankan ibadah puasa bisa jadi lemas dari biasanya.

Meski ada beberapa orang yang tahan untuk tetap melanjutkan puasa meski tidak makan sahur, namun hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan, karena tubuh tidak mendapat asupan energi dalam jangka waktu lama setelah tidur. Selain itu juga meningkatkan resiko bagi yang punya penyakit maag. Nah, agar Anda tidak terlambat makan sahur, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tip dibawah ini :

Berbuka Secukupnya
Selain manajemen waktu beraktivitas, Anda juga perlu menjaga pola makan saat berbuka. Makanan berbuka yang terlalu berat dan banyak dikonsumsi, mudah membuat kita mengantuk dan pencernaan menjadi berat.

Selalu Pasang Alarm
Meski ini adalah senjata klasik, namun sangat ampuh untuk membangunkan Anda. Selain alarm statis, Anda juga bisa menggunakan 'alarm hidup'. Misalnya minta dibangunkan orang rumah atau ditelepon pacar maupun orang tua (bagi yang tinggal sendiri).

Jangan Terlalu Lelah
Tidurlah pada saatnya. Jangan terlalu ngantuk atau lelah saat tidur. Atur waktu sosialisasi, waktu kerja, ibadah dan tidur Anda. Tidur dalam kondisi yang terlalu lelah akan membuat Anda sulit bangun setelah terlelap.

Bila Memungkinkan, Jangan Kunci Kamar
Jangan kunci kamar Anda bila Anda tinggal dengan orang tua atau teman yang sama-sama menjalankan ibadah puasa. Ketika waktu sahur tiba, akan lebih mudah akses mereka untuk membangunkan Anda.

Siapkan Makanan Darurat
Tidak semua orang sempat masak, apalagi mereka yang tinggal sendiri. Siapkan makanan darurat seperti kurma, pisang, roti dan minuman penting seperti air putih atau susu. Bila perlu, sediakan madu untuk tambahan energi ekstra.

Sempatkan Sholat Malam
Ini adalah salah satu cara yang bisa memberikan manfaat berlipat-lipat. Bila Anda bangun sebelum alarm membangunkan Anda, segera ambil wudhu dan lakukan sholat malam.

Air wudhu bisa membantu menyegarkan Anda dari kantuk yang masih menggantung di mata. Sementara sholat malam memberi nilai spiritual dan ibadah yang berlipat sembari menunggu waktu sahur.

Catatan penting, Hati-hatilah di minggu awal dan akhir puasa. Karena pada waktu itu kita mulai rawan terlambat bangun. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi hal ini.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Gaya Hidup | Tip Cinta | Kalimat Mutiara | About Me | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2011. Pelangi Delapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger